Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Virus Komputer dan Antisipasinya..???

Virus komputer Sampai Sekarang ini telah menjadi momok yang menakutkan bagi para penguna komputer di seluruh dunia, tapi jangan risau kita punya cara untuk mengantisipasinya....

Apakah Virus Komputer Itu?
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Sedangkan Worm/Cacing, tidak menginfeksi file data/program yang ada. Tetapi membuat duplikasi file/program yang ada untuk mengelabui user. Sistem Operasi Komputer Apa Saja yang Bisa Terserang Virus Komputer? Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Virus?

Virus Komputer dapat dikategorikan sebagai ancaman keamanan (security) PC / Jaringan Komputer, untuk keadaan tersebut tidaka ada sebuah produk keamanan di dunia ini yang berani menjamin 100% keamanan PC anda. Mengutip pernyataan dari seorang pakar keamanan data, BRUCE SCHNEIER, bahwa “Security is a process not a product”. Maka ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan pengguna komputer untuk mengamankan PC ataupun Data penting,
yaitu:

Back-up, Back-up & Back-up Data & Aplikasi penting anda. Ancaman kehilangan data tidak selalu karena virus, faktor lain adalah kerusakan media penyimpanan anda. Perbaharui (Update) Sistem Operasi (OS) atau Aplikasi (program) anda, Tidak ada produk buatan manusia yang sempurna, kemungkinan adanya Vulnerability atau Bug pada Software anda adalah pintu ancaman keamanan PC anda. Gunakan Personal Firewall, pada PC anda untuk mengetahui dan membatasi proses2 yang sedang berlangsung. Hati-hati menggunakan Mobile Storage (UFD), Di Indonesia, UFD adalah media penyebaran virus komputer terbesar. Di Kantor, Di Sekolah, Di Kampus, Di percetakan Digital dan di Internet Cafe adalah tempat-tempat strategis penyebaran virus.

Beberapa Ciri Khas Komputer Terkena Virus...

Beberapa Ciri Khas komputer terinfeksi oleh virus adalah, sbb:
Komputer menampilkan pesan-pesan aneh saat di booting atau berperilaku tidak wajar saat kita beraktivitas dengan PC. Folder Hilang, Data Hilang, Folder terduplikasi palsu, data terduplikasi palsu. Beberapa Fungsi windows di blok Semua file ms.office mempunyai est. EXE/SCR dengan type file “Application” atau “Screen Saver” Semua file office [ms.word] mempunyai ukuran yang sama dengan type file sebagai “Application” atau “Screen saver”.

Panduan Memilih Produk Antivirus....

Ancaman malware terkini, baik virus dan spyware maupun ancaman virus lokal terhadap komputer di Indonesia yang akhir-akhir ini seringkali berhasil menembus perlindungan antivirus di jaringan komputer di Indonesia sekalipun sudah dilindungi produk antivirus terkenal membuktikan bahwa merek antivirus terkenal saja tidak cukup untuk melindungi komputer dari infeksi virus. Kriteria Pemilihan Antivirus Yang Tepat Anggota Microsoft Antivirus Partner. (http://www.microsoft.com/security/partners/antivirus.asp)
Anggota Microsoft Virus Information Alliance. (http://www.microsoft.com/security/partners/antivirus.asp)
Anggota Asosiasi Vendor Antivirus Dunia, Virus Bulletin. (http://www.virusbtn.com)
Memiliki Teknologi yang Unik digunakan oleh Microsoft untuk melakukan scanning terhadap semua produk MS sebelum dilepas ke end-user. Memiliki Teknologi yang unik yang dapat memberikan kemampuan pro-aktif mendeteksi malware baru (virus, worm, Trojan etc) tanpa terlalu bergantung pada update definisi (Pro-Active Detection). Kemampuan update otomatis Internet Update dan Update dari jaringan (Corporate Version) memberikan perlindungan dari virus terkini dengan usaha minimal. Support Lokal* memberikan kemampuan ekstra mendeteksi virus lokal dan menempatkannya sebagai salah satu produk antivirus yang paling cepat mendeteksi virus lokal (Virus in the Wild) yang menyebar dengan kecepatan tinggi dengan varian yang sangat banyak.